News Update :

Persiapan pengajuan judul skripsi/karya ilmiah

Sunday, 20 March 2016

Sudah bukan hal yang istimewa lagi ketika mendengar, melihat dan menyaksikan gelar sarjana yang telah diperoleh ribuan wisudawan/i setiap tahun. Berbeda sangat jauh ketika kita berada di era 90an atau bahkan 80an seorang penyandang gelar sarjana merasa sangat berharga dari apapun, sangat sakral bahkan untuk acara wisudanya. Kenapa.? Mengapa.? Karena semakin berkembangnya jaman, semakin maju nya ilmu dan teknologi, ditunjang semakin meningkatnya sumber daya manusia, semakin tinggi pula kesadaran akan penting nya pendidikan sehingga apa yang kita raih, prestasi, gelar tidak hanya segelintir orang tetapi ratusan bahkan ribuan setiap tahunnya. Satu hal perlu diingat bukan berarti timbul asumsi pendidikan itu tidak penting karena sudah banyak orang pintar kita tidak mungkin terpakai diperusahaan besar/bonafid, karena perlu persaingan ketat dengan banyak nya sarjana-sarjana dari Universitas ternama. Sama sekali ini bukan hal yang baik, bahkan ini suatu kemunduran, ini pernyataan konyol.
Memang untuk sukses tidak selalu berpendidikan tinggi, tidak selalu mereka yang memiliki gelar, dan tidak selalu mereka yang berprestasi, tapi kesadaran akan pentingnya pendidikan adalah modal utama guna peningkatan indeks pembangunan manusia. Negara maju ditunjang dengan adanya sumber daya manusia yang memadai, negara berkembang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang mampu memberikan kontribusi/pengaruh bahkan terobosan serta ide untuk menopang ekonomi kerakyatan. Tahukan jika tumbuh satu pengusaha kecil yang mampu menyerap 5-10 orang tenaga kerja saja sudah mampu memberikan pengaruh terhadap suatu Negara, sebab pada tahun tersebut juga Negara sudah mengurangi jumlah pengangguran 10orang, bagaimana jika lahir dan tumbuh banyak para pelaku usaha di daerah? semakin besar pula penyerapan tenaga kerja yang dibutuhkan. Jelas kenapa begitu gencar nya pemerintah memberi dukungan serta bantuan kepada mereka para pelaku usaha kecil dan menengah. Baik dari sektor permodalan, perizinan bahkan bimbingan agar dapat berkembang jauh lebih maju sebagaimana mestinya.
Perlu disadari arti pendidikan sangat penting, jika ada sebagian orang sukses tanpa pendidikan bahkan bisa menjadi pengusaha besar, jangan terlalu terobsesi menjadi seperti dia, jangan tiru kalu dia tidak sekolah, jangan tiru kalau dia tidak kuliah. Tapi jadikan motivasi, tiru cara dia berusaha, tiru cara dia membangun dari titik paling bawah atau bahkan modal yang seadanya tetapi dengan caranya yang tidak kenal menyerah, ulet dan gigih sehingga bisa sukses.
Kali ini admin sedikit memberikan sedikit tips dan  persiapan dalam mengajukan judul skripsi/ilmiah:
1. Pastikan judul yang akan diajukan bukan milik orang lain
Kenapa judul yang diajukan bukan milik orang lain, sudah pasti ditolak pada saat mengajukan akan memakan waktu lama lagi jika kita tidak punya alternatif.
 
2. Pastikan judul yang akan diajukan lebih dari satu sebagai alternatif
Sebagai alternatif, mungkin saja judul kita ditolak dengan berbagai alasan seperti sudah terlalu mainstream, sudah ada yang memiliki dan lain sebagai nya.

3. Pastikan judul yang akan diajukan memiliki literatur/referensi
Ini jelas sangat penting, tidak jarang terjadi ketika pengajuan judul sudah di terima/acc tetapi kita sulit mencari literatur/referensi bahkan harus mencari satu demi satu di toko-toko buku. Jelas ini melelahkan, lelah biaya dan waktu.
 
4. Pastikan judul yang akan diajukan benar-benar menguasai materi yang akan dikaji
Jika literatur/referensi yang kita punya mencukupi ini bukan hal sulit, tinggal kita mempelajari dengan baik dan kita terapkan dalam penelitian selebihnya apa yang kita tidak mengerti ada dosen pembimbing yang baik hati tentunya.
 
5. Pastikan judul yang akan diajukan mudah dalam menyusun instrumen/pelaksanaan penelitian
Yang dimaksud adalah tempat penelitian dimana kita akan melakukan eksperimen dalam pengumpulan data untuk diolah kemudian dijadikan bahan dalam memperoleh hasil nantinya.
 
6. Pastikan judul yang akan diajukan memiliki tujuan yang jelas sesuai dengan bidangnya.
Jelas masksud dan tujuannya, permasalahan yang akan dikaji dan solusi yang akan kita terapkan sehingga apa yang kita laksanakan dalam penelitian apapun hasilnya dapat memberikan kesimpulan yang baik. Baik untuk perusahaan/badan atau bahkan bagi mereka para pembaca yang bisa memberikan manfaat sebagai referensi.
Sampai disini dulu, semoga bermanfaat mohon maaf bila ada salah atau bahkan kurang dalam memberikan tips tersebut admin terbuka untuk kritik dan saran demi memberikan sedikit manfaat buat adik-adik kita kelak. Salam selalu... Admin
Share this Article on :

0 comments:

 

© Indramayu Footballokers 2010 -2011 | Published by Benny Permana | Powered by Footballokers.