News Update :

Proposal Penelitian: Pengaruh Penataan Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Thursday, 18 September 2014




PROPOSAL PENELITIAN

A.    Judul                       :“Pengaruh Penataan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toserba Yogya Jatibarang”
B.     Program Studi        : Manajemen
C.    Konsentrasi             : Manajemen Pemasaran
D.    Jenjang                    : Strata 1 (S1)
E.     Latar Belakang Masalah
Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan minat masyarakat yang kian variatif, semakin berkembang pula pengusaha kecil dan menengah dengan berbagai produk yang ditawarkan dari hasil produksinya.  Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan sangat berpengaruh terhadap penjualan produknya, untuk itu perusahaan harus dapat melakukan kegiatan pemasaran sesuai dengan kondisi pemasaran yang ada. Usaha eceran dalam hal ini pasar swalayan merupakan suatu aktifitas pemasaran langsung dengan konsumen akhir atau dapat dikatakan sebagai mata rantai aktivitas terakhir dari rangkaian distribusi bagi produk yang dihasilkan produsen.
Pasar swalayan dapat dijadikan satu tempat yang baik  untuk menawarkan produk bagi setiap perusahaan, mengingat kebutuhan masyarakat yeng terus menerus guna memenuhi kebutuhannya. Selain itu pasar swalayan memberikan kenyamanan, bersih pelayanan yang baik serta kemudahan dalam membeli karena produk yang ada sudah tertata dengan baik sehingga dapat memberikan kepuasan dalam belanja. Luasnya tempat untuk berbelanja dan penataan produk yang baik merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada konsumen, sehingga dapat dengan mudah konsumen atau calon pembeli dalam memilih produk yang akan dibeli. Produk yang tertata dengan baik akan menambah keunggulan dari produk tersebut.
Pedagang eceran merupakan perusahaan dagang perantara, yang tugasnya adalah melakukan usaha pembelian barang dagangan untuk dijual kembali kepada konsumen akhir. Barang dagangan tersebut dapat diklasifikasikan sebagai Good Retailer (pengecer barang) dan Service Retailer (pengecer jasa). Semua jenis atau tipe pedagang eceran merupakan serangkaian variable-variabel pemasaran yang dikuasai oleh pedagang eceran untuk mempengaruhi, memenuhi keinginan, kebutuhan dan permintaan konsumen.
Agar konsumen dapat mengetahui adanya variasi produk yang tersedia, maka manajemen perusahaan harus mampu melakukan usaha untuk mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen agar dapat membeli suatu produknya. Diperlukan suatu kecermatan dan seni tersendiri dalam menciptakan kreasi pada penataan produk-produk di toko, hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian pembeli setelah melihat produk-produk yang dipajang dan tertata dengan baik. Cara perusahaan memajang produk-produknya akan sangat berpengaruh terhadap volume penjualannya. Dengan penataan yang menarik perhatian diharapkan dapat mempengaruhi pengunjung (calon pembeli) untuk melakukan pembelian.
Perbedaan selera konsumen sulit untuk memastikan bahwa pasar swalayan merupakan tempat berbelanja yang baik, keadaan ini merupakan suatu hal yang menjadi perhatian bagi pemilik perusahaan. Memperlihatkan, menawarkan, serta cara lain yang dapat menggugah keinginan konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu dengan mempelajari perilaku konsumen bertujuan untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek yang ada pada konsumen sehingga dapat digunakan dalam menyusun strategi pemasaran yang berhasil. Dengan begitu konsumen akan memberikan respon terhadap apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Jika sudah merasa tertarik atau memberikan respon yang positif, konsumen akan mengambil  keputusan untuk membeli.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti tertarik untuk membahas masalah penataan produk dan minat beli konsumen. Untuk itu peneliti mengambil judul “Pengaruh Penataan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toserba Yogya Jatibarang”.

F.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka masalah yang dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.    Bagaimana penataan produk yang dilakukan pada Toserba Yogya Jatibarang?
2.    Faktor-faktor apa yang menentukan dalam penataan produk pada Toserba Yogya Jatibarang?
3.    Bagaimana tanggapan Konsumen mengenai penataan produk pada Toserba Yogya Jatibarang?
4.    Bagaimana Keputusan Pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang?
5.    Bagaimana pengaruh Penetaan produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang?

G.     Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah diatas, penulis membatasi masalah yang akan diteliti pada Toserba Yogya Jatibarang sebagai berikut:
1.    Bagaimana penataan produk pada Toserba Yogya Jatibarang?
2.    Bagaimana Keputusan Pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang?
3.    Bagaimana pengaruh Penataan produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang?

A.    Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengumpulkan data, menganalisa, dan menginterprestasikan hasil dari masalah yang berkaitan dengan judul penelitian guna penyusunan skripsi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pelaksanaan penataan produk pada Toserba Yogya Jatibarang.
2.      Untuk mengetahui keputusan  pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang.
3.      Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan penataan produk terhadap keputusan pembelian pada Toserba Yogya Jatibarang.

I. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi bagi semua pihak tertentu diantaranya:
1.        Bagi Peneliti
a.       Untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat menerapkan teori yang peneliti peroleh dari perkuliahan dalam kenyataan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
b.      Sebagai bahan perbandingan antara teori yang diperoleh dengan kejadian yang sebenarnya.
2.    Bagi Perusahaan
a.       Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dalam mengambil keputusan dimasa mendatang.
b.      Diharapkan dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
3.      Bagi Pihak Lain
a.       Diharapkan dapat memberikan informasi guna menambah pengetahuan.
b.      Sebagai acuan dan dapat digunakan oleh peneliti lain dalam melakukan penelitian dengan variabel yang sama.

J. Kerangka Pemikiran
Dalam dunia perdagangan saat ini, pasar swalayan bukan lagi merupakan istilah yang asing bagi masyarakat umum, hal ini mengakibatkan semakin ketatnya persaingan perdagangan. Pihak pengusaha harus mampu mengatasi persaingan tersebut misalnya mengarahkan perhatian konsumen atau calon pembeli agar selalu dapat melakukan pembelian dengan maksud agar konsumen tidak berpindah tempat untuk membeli/belanja.
Untuk dapat mengatasi persaingan tersebut agar konsumen tidak berpindah kepada tempat/toko lain, perusahan dapat mengembangkan salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen yaitu melakukan penataan produk yang baik.
Menurut  Buchari Alma (1992;150) mengemukakan bahwa:
“Penataan produk adalah Usaha untuk mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli malalui daya terik penglihatan langsung”
 
Definisi ini menekankan mengenai kegiatan perdagangan eceran yang merupakan kegiatan penjualan barang-barang dan jasa langsung kepada konsumen akhir untuk kebutuhan mereka. Untuk dapat mengatasi persaingan, agar konsumen tidak berpindah kepada retailer lain yang menjadi saingannya, perusahaan dapat mengembangkan satu cara untuk menarik perhatian konsumen yaitu dengan penataan produk. Dengan penataan produk yang rapih, menarik, lengkap dan terpajang dengan berbagai aksesoris tempat yang indah akan menarik perhatian bagi pengunjung yang dapat menambah minat dan keinginannya untuk membeli/menggunakan produk tersebut. Penyusunan produk pada rak atau etalase diatur dengan menarik menurut besar kecilnya ukuran produk sehingga keinginan  dan keputusan untuk membeli timbul ketika konsumen melihat produk tersebut.
Menurut Buchari Alma (2007;105) mengemukakan bahwa keputusan pembelian :
“Keputusan Pembelian adalah tahapan yang harus diambil setelah melakukan penilaian atas keinginan membeli terhadap suatu produk”.
Berdasarkan pemikiran diatas kebijakan penataan produk yang dilaksanakan dengan tepat, akan sangat berpengaruh terhadap Keputusan pembelian. Oleh karena itu para pengusaha harus senantiasa meninjau dan memperbaiki penyajian dari produk-produk yang akan ditawarkan.
K. Hipotesis
Berdasarkan uraian tersebut diatas, penataan produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dan secara statistik hipotesis penelitian tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut:
Ho : r = 0 tidak ada pengaruh antara variabel X (Penataan Produk) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian).
Ho : r ≠ 0 terdapat pengaruh antara variabel X (Penataan Produk) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian).

Oke, Sampai disini dulu ya, untuk lanjut ke Tinjauan pustaka dan Objek Metode Penelitian Tunggu pos selanjut nya...

Share this Article on :

0 comments:

 

© Indramayu Footballokers 2010 -2011 | Published by Benny Permana | Powered by Footballokers.